Grafik Komputer vs Pengolahan Citra
Sadar atau tidak, di dalam kehidupan sehari-hari kita tidak
terlepas dari grafik komputer dsn juga pengolahan citra. Kedua topik ini
memiliki fungsi yang berbeda, namun keduanya memiliki manfaat dan ilmu yang
dapat berkembang pada masa ini dan masa mendatang. Contoh saja grafik komputer,
dengan munculnya prosesor-prosesor dan kartu grafis dari masing-masing
kompetitor dengan gebrakan barunya masing-masing, membuat para pengguna
komputer semakin berinovasi di dalm menciptakan karya-karyanya (yang nanti akan
disebutkan di bawah). Namun, taukah anda apa sebenarnya grafik komputer dan
pengolahan data itu, apakah fungsi dari masing-masing keduanya, dan apa yang
menjadi perbedaan antara dua topik itu? Mari kita simak!
1. DEFINISI
a.
Grafik
Grafik
adalah gambar yang dibuat dengan cara tertentu. Berarti, Ilmu Grafik Komputer atau grafika
computer (computer graphics) merupakan proses untuk menghasilkan atau
menciptakan suatu gambar berdasarkan deskripsi obyek maupun latar-belakang yang
terkandung pada gambar tersebut dengan menggunakan komputer.
b.
Citra
Berbeda dengan
grafik, citra memiliki pengertian, yaitu gambar yang diperoleh dengan alat
pengambilan gambar, seperti: mata manusia, kamera, sensor, scanner, satelit
dll. Dengan demikian, pengolahan
Citra (Image Processing) merupakan proses memperbaiki kualitas citra agar mudah
diinterpretasi oleh manusia atau komputer.
2. Tentang Grafik Komputer dan
Pengolahan Citra
1. Grafik Komputer
Bagian dari grafika komputer meliputi:
1. Geometri : mempelajari cara
menggambarkan permukaan bidang
2. Animasi : mempelajari cara
menggambarkan dan memanipulasi gerakan
3. Rendering : mempelajari algoritma
untuk menampilkan efek cahaya
4. Citra (Imaging) : mempelajari cara
pengambilan dan penyuntingan gambar.
2. Pengolahan Citra
Berdasarkan tujuan transformasi operasi pengolahan
citra dikategorikan sebagai berikut :
·
Perbaikan kualitas citra (image
enchacement) tujuan memperbaiki kualitas citra dengan memanipulasi
parameter-parameter citra.
·
Pemugaran citra (image restoration)
tujuan menghilangkan cacat pada citra. Dengan hal ini penyebab degradasi citra
diketahui.
·
Pemampatan citra (image compression)
tujuan citra direpresentasikan dalam bentuk lebih kompak, sehingga dapat
mempertahankan kualitas gambar dengan memori yang lebih sedikit (misalnya .BMP
menjadi .JPEG).
·
Segmentasi citra (image segmentation)
tuuan memecah sutu citra ke dalam beberapa segmen dengan suatu criteria
tertentu.
·
Analisis citra (image analysis) tujuan
menghitung besaran kuantitatif dari citra untuk menghasilkan deskripsinya.
·
Rekontruksi citra (image reconstruction)
tujuan membentuk ulang objek dari beberapa citra hasil proyeksi.
3. PERBEDAAN
Grafik komputer dilakukan proses untuk menghasilkan suatu gambar dari awal dengan menggunakan komputer. Bentuk
sederhana dari grafik computer adalah garfik computer 2D kemudian berkembang
menjadi grafik computer 3D, pemrosesan citra / image processing dan pengenalan
pola / pattern recognition, contoh : membuat citra realistik untuk seni, game
komputer, foto, animasi komputer, dll).
Sedangkan pengolahan citra,
gambar di input ke dalam proses pengolah citra / gambar yang sudah tersedia
sehingga mudah diinterpretasi oleh manusia atau komputer dengan melakukan
transformasi suatu citra menjadi citra baru yang lain.
4. CONTOH NYATA
a.
Grafik Komputer
1.
Bidang
hiburan, contoh dalam sebuah Film, seperti doraemon.
2.
Bidang
Pendidikan, contoh sebuah Presentasi.
3.
Computer Art,
contoh: Adobe Photoshop, Corel Painter, GIMP.
4.
Video Game, contoh
yang banyak beredar di pasaran mulai yang sederhana 2 dimensi, seperti tetris,
hingga yang rumit, 3 dimensi, dan memerlukan resource banyak, seperti game
sepakbola Winning Eleven. Dari yang yang standalone hingga online network,
seperti Ragnarok. Dari PC, console, hingga mobile devices. Gambar Video Game
menggunakan Grafik Komputer, Tetris dan PES
5.
Computer-Aided
Design (CAD), contoh Gambar Auto CAD
6.
Computer-Aided
Sofware Engineering (CASE), contoh aplikasi: Rational Rose, SyBase Power
Designer.
7.
Virtual
Reality, contoh: aplikasi VR parachute trainer yang digunakan oleh U.S. Navy
untuk latihan terjun payung. Aplikasi ini dapat memberikan keutungan berupa
mengurangi resiko cedera selama latihan, mengurangi biaya penerbangan, melatih
perwira sebelum melakukan terjun payung sesungguhnya.
8.
Visualisasi
Data, contoh: visualisasi dari struktur protein, strutur suatu website,
visualisasi hasil data mining.
9.
Pengolahan
Citra
b.
Pengolahan
Citra
1.
Bidang
kesehatan, digunakan untuk rontgen tubuh manusia yang berfungsi untuk
mengetahui ada atau tidaknya kelainan di tubuh.
2.
Bidang
visual, bisa digunakan untuk pemotretan lewat satelit, GPS, foto kamera dan
lain-lain.
3.
Mikroskop elektron
adalah salah satu contoh dari pengolahan citra dalam bidang kedokteran, yang di
maksud dengan mikroskop elektron adalah sebuah mikroskop yang dapat memperbesar
detail sangat kecil dengan kekutan sehingga menyelesaikan tinggi akibat
penggunaan elektron sebagai sumber penerangannya. Pembesaran dalam hal ini di
tingkat hingga 2.000.000 kali. Adapun kegunaan dari mikroskop elektron yaitu
digunakan dalam patologi anatomi. Patologi anatomi ini berfungsi untuk
mengindentifikasi organel dalam sel namun kegunaanya telah sangat dikurangi
dengan immunhistochemistry tetapi masih tak tergantikan untuk diagnosis
penyakit ginjal, identifikasi sindrom silia immotile dan banyak tugas-tugas
lainnya.
Sekian dari apa yang bisa saya bagikan,
semoga dengan ilmu ini, bisa membawa wawasan kita bersama tentang teknologi
yang semakin berkembang.
Sumber : https://satriormdhn14.wordpress.com/2015/11/22/perbedaan-antara-ilmu-grafik-komputer-pengolahan-citra/
Komentar
Posting Komentar