Grafik Komputer vs Pengolahan Citra




Sadar atau tidak, di dalam kehidupan sehari-hari kita tidak terlepas dari grafik komputer dsn juga pengolahan citra. Kedua topik ini memiliki fungsi yang berbeda, namun keduanya memiliki manfaat dan ilmu yang dapat berkembang pada masa ini dan masa mendatang. Contoh saja grafik komputer, dengan munculnya prosesor-prosesor dan kartu grafis dari masing-masing kompetitor dengan gebrakan barunya masing-masing, membuat para pengguna komputer semakin berinovasi di dalm menciptakan karya-karyanya (yang nanti akan disebutkan di bawah). Namun, taukah anda apa sebenarnya grafik komputer dan pengolahan data itu, apakah fungsi dari masing-masing keduanya, dan apa yang menjadi perbedaan antara dua topik itu? Mari kita simak!

1. DEFINISI

a.       Grafik

Grafik adalah gambar yang dibuat dengan cara tertentu. Berarti, Ilmu Grafik Komputer atau grafika computer (computer graphics) merupakan proses untuk menghasilkan atau menciptakan suatu gambar berdasarkan deskripsi obyek maupun latar-belakang yang terkandung pada gambar tersebut dengan menggunakan komputer. 

b.       Citra

Berbeda dengan grafik, citra memiliki pengertian, yaitu gambar yang diperoleh dengan alat pengambilan gambar, seperti: mata manusia, kamera, sensor, scanner, satelit dll. Dengan demikian, pengolahan Citra (Image Processing) merupakan proses memperbaiki kualitas citra agar mudah diinterpretasi oleh manusia atau komputer.



2. Tentang Grafik Komputer dan Pengolahan Citra

1. Grafik Komputer



Bagian dari grafika komputer meliputi:
1. Geometri :  mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
2. Animasi :  mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
3. Rendering :  mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
4. Citra (Imaging) :  mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.

2. Pengolahan Citra



Berdasarkan tujuan transformasi operasi pengolahan citra dikategorikan sebagai berikut :
·  Perbaikan kualitas citra (image enchacement) tujuan memperbaiki kualitas citra dengan memanipulasi parameter-parameter citra.
·  Pemugaran citra (image restoration) tujuan menghilangkan cacat pada citra. Dengan hal ini penyebab degradasi citra diketahui.
·  Pemampatan citra (image compression) tujuan citra direpresentasikan dalam bentuk lebih kompak, sehingga dapat mempertahankan kualitas gambar dengan memori yang lebih sedikit (misalnya .BMP menjadi .JPEG).
·  Segmentasi citra (image segmentation) tuuan memecah sutu citra ke dalam beberapa segmen dengan suatu criteria tertentu.
·  Analisis citra (image analysis) tujuan menghitung besaran kuantitatif dari citra untuk menghasilkan deskripsinya.
·  Rekontruksi citra (image reconstruction) tujuan membentuk ulang objek dari beberapa citra hasil proyeksi.


3. PERBEDAAN


           Grafik komputer dilakukan proses untuk menghasilkan suatu gambar dari awal dengan menggunakan komputer. Bentuk sederhana dari grafik computer adalah garfik computer 2D kemudian berkembang menjadi grafik computer 3D, pemrosesan citra / image processing dan pengenalan pola / pattern recognition, contoh : membuat citra realistik untuk seni, game komputer, foto, animasi komputer, dll).
           Sedangkan pengolahan citra, gambar di input ke dalam proses pengolah citra / gambar yang sudah tersedia sehingga mudah diinterpretasi oleh manusia atau komputer dengan melakukan transformasi suatu citra menjadi citra baru yang lain.

4.  CONTOH NYATA        

a.       Grafik Komputer
1.         Bidang hiburan, contoh dalam sebuah Film, seperti doraemon.
2.         Bidang Pendidikan, contoh sebuah Presentasi.
3.         Computer Art, contoh: Adobe Photoshop, Corel Painter, GIMP.
4.         Video Game, contoh yang banyak beredar di pasaran mulai yang sederhana 2 dimensi, seperti tetris, hingga yang rumit, 3 dimensi, dan memerlukan resource banyak, seperti game sepakbola Winning Eleven. Dari yang yang standalone hingga online network, seperti Ragnarok. Dari PC, console, hingga mobile devices. Gambar Video Game menggunakan Grafik Komputer, Tetris dan PES
5.         Computer-Aided Design (CAD), contoh Gambar Auto CAD
6.         Computer-Aided Sofware Engineering (CASE), contoh aplikasi: Rational Rose, SyBase Power Designer.
7.         Virtual Reality, contoh: aplikasi VR parachute trainer yang digunakan oleh U.S. Navy untuk latihan terjun payung. Aplikasi ini dapat memberikan keutungan berupa mengurangi resiko cedera selama latihan, mengurangi biaya penerbangan, melatih perwira sebelum melakukan terjun payung sesungguhnya.
8.         Visualisasi Data, contoh: visualisasi dari struktur protein, strutur suatu website, visualisasi hasil data mining.
9.         Pengolahan Citra

b.      Pengolahan Citra

1.         Bidang kesehatan, digunakan untuk rontgen tubuh manusia yang berfungsi untuk mengetahui ada atau tidaknya kelainan di tubuh.
2.         Bidang visual, bisa digunakan untuk pemotretan lewat satelit, GPS, foto kamera dan lain-lain.
3.         Mikroskop elektron adalah salah satu contoh dari pengolahan citra dalam bidang kedokteran, yang di maksud dengan mikroskop elektron adalah sebuah mikroskop yang dapat memperbesar detail sangat kecil dengan kekutan sehingga menyelesaikan tinggi akibat penggunaan elektron sebagai sumber penerangannya. Pembesaran dalam hal ini di tingkat hingga 2.000.000 kali. Adapun kegunaan dari mikroskop elektron yaitu digunakan dalam patologi anatomi. Patologi anatomi ini berfungsi untuk mengindentifikasi organel dalam sel namun kegunaanya telah sangat dikurangi dengan immunhistochemistry tetapi masih tak tergantikan untuk diagnosis penyakit ginjal, identifikasi sindrom silia immotile dan banyak tugas-tugas lainnya.


      Sekian dari apa yang bisa saya bagikan, semoga dengan ilmu ini, bisa membawa wawasan kita bersama tentang teknologi yang semakin berkembang.
Sumber : https://satriormdhn14.wordpress.com/2015/11/22/perbedaan-antara-ilmu-grafik-komputer-pengolahan-citra/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ratusan Abad Perjalanan! Evolusi Teknologi Komunikasi dari Masa ke Masa

Human vs Artificial Intelligence